t1

Berita MotoGP Hari Rabu, Tanggal 08 April 2020

1. MotoGP Italia dan Catalunya Akhirnya Ikut Ditunda

FIM, IRTA dan Dorna Sport mengumumkan penundaan Grand Prix MotoGP di Italia dan Catalunya sebagai imbas pandemi virus corona.

Keputusan tersebut menjadikan jumlah balapan MotoGP 2020 yang tertunda sebanyak tujuh seri, sementara seri pembuka Grand Prix Qatar pada 8 Maret lalu dibatalkan.

Italia dan Spanyol, yang merupakan asal mayoritas pembalap dan tim, menjadi dua negara Eropa yang paling terdampak wabah corona, dengan lebih dari 16.000 kematian di Italia dan 13.000 di Spanyol.

Grand Prix Italia di Sirkuit Mugello seharusnya digelar pada 29-31 Mei, kemudian dilanjutkan Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya pada 5-7 Juni.

“Wabah virus corona yang terjadi menyebabkan dua ajang tersebut harus dijadwalkan ulang,” demikian laman resmi MotoGP.

“Ketika situasi masih terus berubah, tanggal-tanggal baru untuk grand prix ini, juga untuk Grand Prix Prancis dan Spanyol yang baru saja ditunda, belum bisa dikonfirmasi hingga jelas kapan tepatnya bisa menggelar ajang tersebut.”

Motojipi menambahkan kalender yang direvisi akan segera dipublikasikan. Grand Prix MotoP Jerman pada 21 Juni menjadi seri balapan selanjutnya di kalender.

2. Sulit Temukan Penangkal Covid 19, Dorna Sports Isyaratkan Batalkan MotoGP 2020

Berkembangnya wabah virus corona di sebagian negara dunia mulai mengikis kalender MotoGP 2020. Dorna Sports selaku operator di kejuaraan dunia balap motor pun mengisyaratkan akan membatalkan aktivitas balap roda dua tahun ini.

Hingga saat ini tidak ada satu balapan yang digelar tahun ini. Sejauh ini sudah ada sembilan balapan yang mengonfirmasi penundaan balapan, yakni di Grand Prix Qatar, Thailand, Austin, Argentina, Australia, Jerez, Prancis, Mugello dan Catalunya.

Dengan ketidakjelasan keadaan darurat kesehatan di sejumlah negara Eropa. Amerika Serikat, dan Asia memaksa Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports mengisyaratkan bakal membatalkan balapan. Pasalnya, akan sangat sulit untuk tetap melintasi perbatasan negara sampai penangkal virus corona ditemukan.

Dengan kata lain, tanpa vaksin akan sulit untuk bepergian ke seluruh dunia. “Kami sedang berperang. Bisa dibayangkan bahwa tidak akan ada Kejuaraan Dunia di tahun 2020,” kata Ezpeleta dikutip dari Speedweek.

3. Bos Ducati: MotoGP 2020 10 Seri Saja Tidak Apa-apa

Bos Promotor Motojipi 2020, Carmelo Ezpeleta menyebut soal MotoGP 2020 10 seri saja akibat Pandemi Covid 19. Rupanya disambut baik Bos Ducati MotoGP, Paolo Ciabatti.

Ciabatti, bahkan menyebut bisa saja MotoGP 2020 10 seri atau bahkan hanya 8 seri saja yang memungkinkan digelar setelah pandemi berakhir. Direktur sport Ducati Corse itu memperkirakan, gelaran balapan dunia itu tidak akan berlangsung sebelum Agustus 2020.

https://www.youtube.com/channel/UCLaYCQLrgIYNkaLklzqJV0w

#YouCatCut#BeritaMotoGP2020#YCTsports#

source